Bisnis Internasional
Bisnis Internasional
Dilakukan melintasi perbatasan nasional, menggunakan metode bisnis khusus, bersentuhan dengan negara-negara yang berbeda dalam hal budaya, bahasa, sistem politik, sistem hukum, situasi ekonomi, infrastruktur, dan faktor lainnya.
Sifat Bisnis Internasional
- Semua aktivitas nilai tambah – termasuk sourcing, manufaktur, dan pemasaran – dapat dilakukan di lokasi internasional
- Perdagangan internasional dapat melibatkan produk, layanan, modal, teknologi, keahlian, dan tenaga kerja
- Perusahaan internasionalisasi melalui berbagai strategi masuk, seperti ekspor dan investasi langsung asing
Konsep penting Bisnis Internasional
- Bisnis internasional: Kinerja kegiatan perdagangan dan investasi oleh perusahaan lintas batas nasional.
- Globalisasi pasar: Integrasi ekonomi yang berkelanjutan dan interdependensi antar negara yang terus berkembang di seluruh
- Perdagangan internasional: Pertukaran produk dan layanan lintas batas nasional; biasanya melalui ekspor dan
- Mengekspor: Penjualan produk atau layanan kepada pelanggan yang berlokasi di luar negeri, dari basis di negara asal atau negara ketiga. Boeing dan Airbus mengekspor miliaran dalam pesawat komersial setiap
- Mengimpor atau Sumber Global: Pengadaan produk atau layanan dari pemasok yang berlokasi di luar negeri untuk konsumsi di negara asal atau negara ketiga. Toyota mengimpor banyak bagian dari China ketika memproduksi mobil di jepang.